Selamat Datang di SMP Negeri 2 Purbalingga - Unggul Dalam Prestasi, Santun Dalam Perilaku, Berdasarkan Iman dan Taqwa, Serta Berwawasan Kebangsaan dan Lingkungan Hidup

Download Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah


Tahun Pelajaran baru bagi siswa di sekolah akan dibuka dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang biasa disingkat dengan MPLS. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun pada saat awal masuk sekolah.

Berkenalan dengan MPLS


Berdasarkan laman resmi Dapodik, definisi MPLS adalah laboratorium awal untuk mengenalkan hakikat sekolah kepada peserta didik. 

Sehingga dengan adanya ini, pemerintah mengharapkan adanya MPLS dapat menghadirkan suasana menyenangkan. Dimana acaranya mengandung pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

MPLS sendiri awalnya adalah MOS (Masa Orientasi Siswa). Namun, MOS sendiri terdapat banyak sekali kekerasan, perpeloncoan dan bullying. 

Maka dengan banyaknya sesuatu yang jauh dari hakikat pendidikan. Pemerintah mengeluarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. 

Dengan adanya peraturan tersebut, maka sekolah mempunyai rujukan dalam melaksanakan MPLS yang jauh dari kekerasan dan perpeloncoan.

Pengertian MPLS 


Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. 

Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan. 

Bagi sekolah-sekolah Boarding School, pengenalan budaya kehidupan di asrama menjadi materi penting.

 

Tujuan MPLS


Mengapa wajib dilakukan MPLS bagi semua siswa baru? Tentu saja tidak terlepas dari tujuan ataupun manfaat yang didapatkan dari kegiatan MPLS itu sendiri. Berikut tujuan ataupun manfaat kegiatan MPLS:

1.    Mengenali potensi diri siswa baru;

2.    Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;

3.    Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4.    Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;

5.    Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Ruang lingkup materi MPLS


apa saja materi yang disampaikan saat kegiatan MPLS? Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Beberapa materi yang perlu disampaikan saat pelaksanaan kegiatan MPLS, antara lain:

1.    Wawasan Wiyata Mandala;
2.    Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intrakurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstrakurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain;

3.    Pendidikan Karakter;

4.    Cara Belajar Efektif;

5.    Pengenalan Budaya Lokal.

Link Download Buku Saku MPLS





Link Download Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Jenjang SMP klik DISINI


Demikian informasi tentang Download Buku Saku Informasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP, semoga bermanfaat!

0 Komentar